Kamis, 23 April 2009

Beda,Keren,Kreatif, coba jalur Indie....:-)




Musik Indie,apa sech....
dalam bahasa musik yang populer biasanya disebut juga Independent dari Mainstream Music,atau dipersingkat menjadi kalimat simple "indie'
dan budaya indie yang identik dengan experimental,selera idealisme dan anti kebudayaan dari sebuah perusahaan.dan bervisi ke depan dalam segala bentuk.atau kalo dalam bahasa inggrisnya nich….
”its cool to be different”
perbedaan yang mendasar dari musik indie dengan cara kerja musik major label adalah pendekatan yang yang dilakukan sendiri mulai dari idealisme artis-nya, rekaman lagunya,tape,cd,majalah, sampai penerbitan atau pengedaran-nya. Karena Indie mempunyai Subculture sendiri dalam dunia musik.
kebanyakan artis/band yang memilih jalur indie bisa disebabkan karena tidak mau style musiknya diotak atik seperti warna asli-nya,makanya artis indie lebih fokus memproduksi musik yang bagus daripada memikirkan kekayaan gara2 memilih jalur indie.

sejarah dari music indie sendiri sudah berlangsung dari tahun 1950 & 1960 di negara2 eropa,dan baru tahun 1980-an musik indie mempunyai distribusi dan organisasi yang lumayan rapi sampai sekarang pun masih berkembang dan berlajut terus.” "It was indie on every level."

Adopsi musik Indie yang berhasil diterapkan dalam perusahaan misalnya di era pertengahan 90-an,yaitu pada waktu band Rock “Nirvana” meledak di pasar mainstream.
Kesuksesan-nya karena adanya loyal fans base sekalipun akhirnya ditinggal Kurt cobain vocalisnya yang meninggal pada tahun 94.hal ini pada saat itu,meyakinkan dunia mainstream dan radio bahwa pola musik indie sangat bisa dipakai dan bisa terkenal

Popularitas band seperti Nirvana dan sonic youth di awal ’90-an, masih ters berlanjut dengan lahirnya band seperti Modest Mouse,Death cab for cutie dll.
Begitu juga dalam Industry Film,hal yang sama juga pernah terjadi dengan kesuksesan sebuah Film garapan Quentin Tarantino “Pulp Fiction”

Masih banyak banget yang bisa dibahas seputar dunia indie..:-)
Kayaknya tulisan-nya bersambung dech di lain waktu…hhehehhhee…



1 komentar: